Sunday, May 20, 2018

Berpuasa di Eropa


Ini adalah pengalaman pertama saya menjalankan puasa di luar Indonesia. Setelah sampai di Denmark dan bertemu beberapa teman muslim asal Indonesia di sini, saya sempat menanyakan pengalaman mereka puasa di tahun sebelumnya. Kata salah seorang teman, saat puasa tahun lalu memasuki puncak musim panas, subuh datang sekitar jam 1 pagi dan magrib sekitar jam 9 atau 10 malam. Whattt? Saat pertama mendengar saya langsung bergidik ngeri, ngebayangin kayanya ga sanggup kalau harus puasa selama itu. Dan akhirnya tak terasa Ramadhan pun tiba, saya berkesempatan merasakan sendiri puasa di Eropa untuk pertama kalinya.

                                            Bunga-bunga yang indah di musim semi


Beruntung puasa tahun ini masih dimulai di musim semi (spring), dimana hari-harinya sudah jauh lebih cerah dibanding musim dingin yang baru saja berlalu, tapi masih belum se-terik musim panas yang nanti akan tiba. Hari Kamis 17 Mei adalah hari pertama puasa, saat itu subuh jam 03.04 dan memasuki Maghrib pada 21.20. Total puasa hari pertama 18 jam 16 menit. Jujur saat itu saya paranoid takut ga kuat puasa selama itu, jadinya saat sahur pertama saya makan & minum banyak banget sampai perut begah & seperti mau meledak (jangan ditiru!!). Berasa kaya belajar puasa dari nol, mindset nya saat itu makan sebanyak-banyak nya biar bisa nahan lapar nantinya. Saat itu menu sahur saya: nasi+daging, roti dioles cream cheese, roti dioles nutella, beberapa potong cake coklat, sebiji pisang, segelas susu coklat, multivitamin, ditutup dengan air putih. Setelah itu saya KO, berasa mual & mau muntah. Sampai susah tidur setelahnya karena perut berasa ga nyaman banget. Salah sendiri makan ga kira-kira.

Sorenya, saya ada jadwal untuk les bahasa Denmark, dari pukul 16.30-19.00. Saat les sedang berlangsung, perut saya berbunyi-bunyi dengan riang. Saya sampai malu takut kedengaran teman sebelah. Tapi biarin lah, mau gimana lagi ya kan. Bunyinya ga bisa dikontrol soalnya haha. Pulang les, turun dari bis saya melangkah lunglai menuju kost. Ternyata makan sebanyak apapun tetap aja saya merasa lapar. Dari situ saya mulai paham, ternyata kuat atau ga kuatnya puasa selama 18 jam tidak hanya tentang seberapa banyak makanan yang dimakan saat sahur. Tapi juga dipengaruhi oleh kebiasaan. Setelah beberapa hari puasa, saya sedikit demi sedikit mulai terbiasa dengan rasa lapar yang kadang-kadang masih melanda, namun bawaannya sudah lebih enak & tidak selemas sebelumnya. Padahal sahur saya sekarang sudah tidak sebombastis hari pertama. Alhamdulillah..Dan seorang teman juga menyemangati kalau kita ga akan mati dengan berpuasa 18 jam. Emang bener sih, hehe. Apalagi mungkin kalau sudah lama tinggal di Eropa, sudah ga aneh berpuasa selama 18 jam atau bahkan lebih.

Kemarin saya bertemu seorang sister kenalan disini, beliau masuk islam sekitar 30 tahunan yang lalu. Saat bertemu beliau nanya, ‘Norka gimana pengalaman kamu puasa disini? Pasti berat ya soalnya puasanya lebih lama dibanding di Indonesia?’.  Saya jawab, ‘Iya, apalagi hari pertama kemarin. Tapi sekarang udah mendingan sih, the beginning is always the hardest’. Trus beliau bilang dulu ada masanya dimana bulan Ramadhan jatuh saat winter (musim dingin). Saat itu subuh sekitar jam 7 pagi dan sekitar jam 4 sore sudah magrib. Jadi puasa cuman sekitar 9 jam, yang bahkan lebih pendek daripada di Indonesia. Wow, saya mau dong haha. Tapi katanya Ramadhan di musim dingin itu siklusnya sekitar 30 tahunan sekali. Jadi untuk saat ini saya cukup bersabar & belajar untuk berpuasa di musim semi. Semoga dikuatkan, aamiin. Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan puasa ^^

PS: kangen makan mendoan & es buah euy..

No comments:

Post a Comment